Pemetaan dan Rekomendasi Regulasi Sanitasi (Air Limbah dan Persampahan)

Modul Belajar 12 (A & B) – Pemetaan dan Rekomendasi Regulasi Sanitasi (Air Limbah dan Persampahan)

Tujuan:

  • Memberikan petunjuk tentang langkah pemetaan regulasi/peraturan perundang-undangan yang ada di kabupaten/kota terkait air limbah dan persampahan.
  • Memberikan petunjuk dan pertimbangan (rekomendasi) pilihan/opsi regulasi yang sesuai dengan kebutuhan kabupaten/kota.
  • Memberikan petunjuk tentang langkah-langkah pelaksanaan pengawalan rekomendasi.

Sasaran:

  • Pokja Sanitasi/AMPL atau nama lainnya di kabupaten/kota
  • Pokja Sanitasi/AMPL atau nama lainnya di provinsi
  • OPD terkait sanitasi di kabupaten/kota dan provinsi
  • Fasilitator Implementasi di provinsi (berbagai keahlian)
  • Tenaga Ahli di Pusat yang bekerja di lingkungan PPSP
  • PMU dan PIU PPSP

Kegiatan dan Estimasi Waktu Pembelajaran:

  1. Mempelajari teks serta referensi yang disediakan : 45 menit
  2. Mengerjakan kuis pra-pelatihan : 15 menit

Pengantar:

Penyiapan Regulasi sanitasi adalah suatu proses yang merentang dari Milestone Komitmen Awal Kepala Daerah (Milestone 1) hingga Milestone Penetapan Kebijakan (Milestone 2) pada tahap Implementasi SSK. Dari sejak dirumuskannya LSS hingga pelaksanaan paket kebijakan, aspek regulasi memegang andil penting dalam memastikan visi-misi sanitasi yang dicita-citakan oleh Kepala Daerah maupun Pokja Sanitasi/AMPL setempat, agar dapat terwujud dan konsisten berjalan—bahkan setelah perangkat daerah berganti.

Meski peluncuran Paket Kebijakan kerap menandai momentum dimulainya perbaikan kondisi sanitasi suatu daerah, Paket Kebijakan itu sendiri belum berarti apa-apa. Setelah digagas, Paket Kebijakan harus dibungkus melalui sebuah Regulasi—atau peraturan perundang-undangan—agar dapat mengikat seluruh pihak (stakeholder) yang ada di kabupaten/kota. Terlebih lagi, Regulasi juga harus mempunyai kekuatan untuk mengintervensi kebijakan di tingkat desa, melalui Peraturan Desa (Perdes).

Secara umum, perumusan Regulasi yang baik memerlukan langkah pemetaan, pengusulan rekomendasi, dan pengawalan rekomendasi.

Sebelum anda mempelajari lanjut modul ini, silakan untuk menjawab pertanyaan berikut dengan membayangkan kondisi kabupaten/kota anda bertugas saat ini:

Berdasarkan kondisi saat ini, apakah kabupaten/kota anda bertugas saat ini telah memiliki payung hukum seperti Peraturan Daerah yang mengatur kebijakan pengelolaan air limbah domestik?

Berdasarkan kondisi saat ini, apakah kabupaten/kota anda bertugas saat ini telah memiliki payung hukum seperti Peraturan Daerah yang mengatur kebijakan pengelolaan persampahan?