Penyiapan Materi Advokasi dan Promosi Untuk Masyarakat

Modul Belajar 16 – Penyiapan Materi Advokasi dan Promosi Masyarakat

Tujuan:

  • Memberikan pemahaman tentang prinsip dan tujuan advokasi dan promosi sanitasi untuk masyarakat.
  • Memberikan tips melakukan identifikasi isu-isu strategis di tingkat masyarakat terkait pengelolaan air limbah domestik, persampahan, drainase lingkungan dalam kaitannya dengan promosi dan advokasi.

Sasaran:

  • Pokja Sanitasi/AMPL atau nama lainnya di kabupaten/kota
  • Pokja Sanitasi/AMPL atau nama lainnya di provinsi
  • OPD terkait sanitasi di kabupaten/kota dan provinsi
  • Fasilitator Implementasi di provinsi (berbagai keahlian)
  • Tenaga Ahli di Pusat yang bekerja di lingkungan PPSP
  • PMU dan PIU PPSP

Kegiatan dan Estimasi Waktu Pembelajaran:

  1. Mempelajari teks serta referensi yang disediakan : 45 menit
  2. Mengerjakan kuis pra-pelatihan : 15 menit

Pengantar:

Kesan bahwa perkara sanitasi sepenuhnya jadi tanggungan pemerintah masih populer di antara masyarakat umum. Padahal, seberapa pun besarnya peran pemerintah saat memulai perbaikan, penuntasan akses sanitasi yang menyeluruh pada akhirnya akan membutuhkan peran aktif masyarakat.

Bahkan, di tingkat yang paling mendasar, masyarakat perlu disadarkan bahwa jamban berkualitas dan lingkungan yang sehat sesungguhnya akan menguntungkan mereka juga. Kenyataannya, masih sering kita temukan jamban yang terabaikan karena pemiliknya lebih nyaman Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di sungai. Ataupun, fasilitas TPS-3R yang kewalahan menerima sampah campuran, karena banyak rumah tangga belum sadar bahwa pemilahan sampah bisa dimulai dari dapur mereka sendiri.

Seringkali, masyarakat bukannya tidak mau ambil peran dalam membuat kehidupan mereka lebih baik. Hanya saja, mereka tidak sadar. Di sini, peran Advokasi berguna membukakan mata mereka.

Sebelum anda mempelajari lanjut modul ini, silakan untuk menjawab pertanyaan berikut dengan membayangkan kondisi kabupaten/kota anda bertugas saat ini:

Sebutkan pilihan media dan saluran yang tepat untuk tujuan perubahan perilaku masyarakat di daerah anda? (anda dapat pilih lebih dari satu)