HOME Forum Pendanaan Cerita Sukses Muara Enim

1 balasan, 1 voice Last updated by  CBT Tim 4 bulan, 2 minggu yang lalu
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #140708

    CBT Tim
    Keymaster
    @stefanie

    Cerita Sukses bidang Pendanaan

    Kabupaten/Kota: Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan

    Nama/Deskripsi Inisiatif: Strategi Konsolidasi Pendanaan Kabupaten Muara Enim Menuju Target Akses Universal 2019

    Permasalahan/Latar Belakang

    Kabupaten Muara Enim termasuk daerah dengan peningkatan akses sanitasi dari tahun ke tahun cukup tinggi. Selama kurun 2010-2016, akses sanitasi layak Muara Enim tumbuh 3,50% per tahun. Bahkan pada 2015-2016, peningkatan aksesnya mencapai 4,2%.Hingga awal 2017, akses sanitasi layak Kabupaten Muara Enim mencapai angka akses 70,46% – melampaui tingkat akses rata-rata Provinsi Sumatera Selatan sebesar 64,57% dan capaian nasional sebesar 67,2%.

    Meski demikian, masih ada gap capaian sebesar 17,54% menuju target akses universal Muara Enim 2019 sebesar 88%. Melalui pemetaan kebutuhan pendanaan, diketahui bahwa Kabupaten Muara Enim membutuhkan setidak-tidaknya Rp 261,210 M untuk mencapai target tersebut.

    Meski payung hukum yang ada dapat mendorong peningkatan alokasi APBD untuk belanja sanitasi, pencapaian target UA 2019 tidak mungkin hanya mengandalkan dana pemerintah saja. Muara Enimpun perlu menggali sumber-sumber pendanaan potensial lainnya.

    Aksi/Inisiatif

    Sesuai dengan amanat Peraturan Bupati No. 11/2017 tentang Gerakan Menuju Akses Sanitasi Menyeluruh dan Berkelanjutan, terdapat rapat koordinasi berkala selama 3 (tiga) kali dalam setahun. Upaya pengawasan gerakan dalam rapat koordinasi ini mengacu pada hasil laporan 3 (tiga) bulanan yang disampaikan oleh Sekretariat Gerakan di tingkat desa/kelurahan, kecamatan, & kabupaten.

    Dengan adanya rapat koordinasi berkala dan pengawasan berjenjang, Kabupaten Muara Enim dapat melakukan pemetaan pendanaan sekaligus pembagian alokasi kebutuhan dana Rp 261,210 M ke sumber-sumber pendanaan lintas jenjang dan pemerintahan.

    Strategi yang ditempuh adalah mengoptimalisasi sumber-sumber pendanaan yang telah berjalan di tahun 2017, seperti: APBD Kabupaten, CSR, Dana ZIS dari BAZNAS Kabupaten, Dana Desa, dan dana swadaya masyarakat. Salah satu cara optimalisasi adalah lewat penandatanganan MoU. Pada realisasi dana ZIS, misalnya, MoU dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim berujung pada implementasi tahap pilot berupa pembangunan 100 unit jamban sehat di Kecamatan Tanjung Agung.

    Di samping optimalisasi, Kabupaten Muara Enim turut menggali sumber pendanaan yang belum tersentuh sebelumnya, seperti Kredit Mikro Perbankan. Pokja juga berupaya memanfaatkan pendanaan pemerintah melalui program-program: Sanimas, Pamsimas, STBM, dan Dana Hibah Air Limbah Setempat serta dana permukiman.

    Secara keseluruhan, pemetaan kebutuhan pendanaan sanitasi Kabupaten Muara Enim pun terbagi menjadi Rp 59,675 M untuk tahun 2018 dan Rp 201,535 M untuk tahun 2019.

    Hasil dan Dampak

    Pada akhir tahun 2018, akses sanitasi layak Kabupaten Muara Enim kembali meningkat hingga lebih dari 75%. Beberapa peningkatan penganggaran di berbagai sumber pendanaan:

    1.      Proporsi belanja sanitasi pada belanja langsung APBD Kabupaten Muara Enim pun meningkat dari 1,7% di tahun 2017 menjadi 2,21% di tahun 2018;
    2.      Peningkatan program Hibah Air Limbah Setempat dari Rp. 1,5 M pada tahun 2017 menjadi 15M pada tahun 2018, pada tahun 2019 sudah direncanakan sebesar 15M lagi untuk 3.000 unit jamban dan tangki septik
    3.      Peningkatan alokasi APBDesa dari Rp 550juta di tahun 2017, menjadi Rp 12,25M di tahun 2018;
    4.      Peningkatan pembiayaan CSR dari Rp 500juta di tahun 2017, menjadi Rp 4,5M di tahun 2018;
    5.      Terintegrasinya sumber pendanaan ‘Kredit Mikro Perbankan’ di penganggaran tahun 2018, sebesar Rp 4M.

    Realisasi perencanaan pendanaan ini diperkuat oleh adanya berbagai regulasi dan kelembagaan terkait. Upaya pengawalan dilakukan Pokja Sanitasi lewat rapat berkala yang diamanatkan oleh Perbup Sanitasi No. 11/2017. Di samping itu, Bupati Muara Enim turut mengeluarkan Surat Edaran untuk mendukung pelaksanaan program Universal Akses melalui Dana Desa & Alokasi Dana Desa. Saat ini, Perda tentang Air Limbah Domestik Tahun 2018 pun tengah dalam tahap pembahasan di Provinsi Sumatera Selatan.

    Tindak Lanjut

    Optimalisasi pendanaan tidak berhenti di perencanaan saja. Dalam rangka menggerakkan sumber pendanaan yang melibatkan masyarakat, perlu advokasi intens yang mampu menggerakkan masyarakat untuk mengejar fasilitas akses layak.

    Skema ‘Kredit Mikro Perbankan’ yang dijalankan di tahun 2018, misalnya, belum berjalan. Hal ini dikarenakan belum ada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang mengajukan permohonan kredit ke bank perkreditan mikro.

    Peran advokasi juga vital untuk melancarkan penganggaran di tahun 2019.

    Untuk tahun 2019, anggaran belanja langsung APBD Kabupaten diproyeksikan akan mencapai Rp 25M. Meski meningkat jauh dari tahun sebelumnya, besaran ini hanyalah 12,43% dari keseluruhan kebutuhan pendanaan di tahun 2019.

    Karenanya, Kabupaten Muara Enim pun turut merencanakan optimalisasi di berbagai sumber. Salah satu kebutuhan peningkatan yang signifikan adalah target capaian dana swadaya masyarakat, dari Rp 16,425 M di tahun 2018 menjadi Rp 73,410 M di tahun 2019.

    Untuk mencapai pemeuhan sumber pendanaan swadaya ini, berbagai upaya advokasi pun digencarkan. Salah satunya adalah lewat kerjasama dengan BAZNAS, dalam bentuk Program Da’i dan Da’iyyah Sanitasi. Selain itu, Pemda juga akan memberikan penghargaan kepada Desa/Kelurahan dengan komitmen pendanaan untuk sanitasi terbaik serta bagi lembaga pengelola air minum dan sanitasi terbaik untuk memicu peningkatan komitmen.

    Upaya promosi melalui media cetak dan elektronik terus dilakukan oleh Pokja untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang layanan sanitasi dan air minum layak.

  • #139537

    CBT Tim
    Keymaster
    @stefanie

    Bapak dan Ibu Yth,

    Dengan pesan ini, maka topik ini kami tutup. Silakan membuat topik baru untuk setiap pertanyaan atau komentar dari Anda. Dengan demikian, kita menjaga forum ini tetap terstruktur.

    Untuk membuat topik baru, silakan pergi ke halaman sebelumnya atau klik di sini

    Terima kasih!

Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.